PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN “RISOL BUAH”

Contoh Proposal makanan
Contoh Proposal Usaha makanan Ringan

PROPOSAL

USAHA MAKANAN RINGAN “RISOL BUAH”

Dibuat untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah  Kewirausahaan

Dosen Pengampu : M. Zainal Abidin, MM.

PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN “RISOL BUAH”
PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN

Disusun Oleh :

Mitha Sanjaya2013113048

Muhammad Abdi Nugraha 2013113032

Ellen Angelista siregar 2013113045

Didi Prasetyo 2013113070

Kelas : B

PROGRAM STUDI KEWIRAUSAHAAN

POLITEKNIK GANESHA

MEDAN

2018

BAB I

PROFIL PERUSAHAAN

  1. Deskripsi Umum Perusahaan

 

Latar Belakang

Risol adalah makanan ringan khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu.Saya rasa seluruh masyarakat Indonesia pastinya sudah pada mengetahui jajanan pasar yang satu ini.Risol terkenal karena di dalamnya terdapat isi yang berupa sayuran dan daging. Tetapi pada kesempatan yang kali ini kita akan mencoba membuat risol dengan isi yang berbeda. Karena Risol yang satu ini akan diisi dengan buah – buahan. Jadi selain memperoleh gizi yang seimbang dari kulitnya, konsumen juga akan mendapatkan serat yang cukup dari buah – buahan tersebut. Pastinya anda bisa membayangkan rasanya yang sudah pasti lezat.Risol Buah bisa dijadikan sebagai salah satu usaha makanan ringan yang bisa anda coba dirumah.Usaha ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas seseorang dalam berkarya khususnya dalam bidang makanan.

  1. Riwayat Perusahaan

 

Usaha ini sengaja kami bentuk sebagai wujud dari praktek ilmu kewirausahaan tentang “Risol Buah” demi memenuhi Tugas kuliah Mata Pelajaran Kewirausahaan Politeknik Ganesha Medan (POLGAN).

  1. Visi dan Misi Perusahaan

 

Visi

Berusaha memproduksi makanan ringan yang sehat, terjangkau, memiliki nilai gizi yang tinggi dan tentunya banyak disukai masyarakat. Nantinya makanan ini akan dijajakan langsung ke pelanggan.

Misi

  1. Membuat makanan dengan isi yang berbeda dari yang sebelumnya.
  2. Menjamin rasa benar – benar enak dan lezat.
  3. Terbuat dari bahan – bahan alami dan tentunya dengan buah – buahan yang segar.
  4. Membuat konsumen puas akan kerjasama kami.
  5. Menyeimbangkan antara kuantitas dan kualitas.
  6. Mengembangkan kreativitas antar mahasiswa dalam berwirausaha.
  7. Menumbuhkan rasa persaingan yang sehat antar sesama pengusaha kecil.
  8. Membandrol harga yang terjangkau untuk konsumen.
  9. Belajar melayani pelanggan dengan etika yang baik.
  10. Memprioritaskan kepuasan konsumen karena pembeli adalah raja.
  1. Jenis Usaha Yang Dikelola

 

Jenis usaha yang dijalankan adalah produksi jajanan ringan yang berupa risol buah.Mengingat modalnya yang terjangkau oleh mahasiswa dan makanan ini termasuk salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

  1. Jenis Usaha Yang Direncanakan

 

Jenis usaha yang bergerak dibidang makanan, lebih tepatnya “Risol Buah” yang rencananya akan diisi dengan buah – buahan segar seperti, pisang, mangga, melon dan buah segar lainnya. Dan rencananya isinya akan ditambah lelehan cokelat yang tentunya akan menambah varian rasa ketika makanan tersebut dikonsumsi.

  1. Tujuan

 

  1. Mencoba membuat kreasi baru dengan mengubah isi di dalam risol.
  2. Mengembangkan pola fikir mahasiswa agar lebih kreatif.
  3. Menambah pengalaman hidup khususnya dalam bidang kewirausahaan.
  4. Bisa dijadikan peluang usaha untuk kerjaan sampingan.

BAB II

KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

  1. Lingkungan Usaha

 

Salah satu penunjang dari pengembangan usaha yang kami jalankan ini bisa dilihat dari kondisi lingkungannya. Karena di medan termasuk salah satu kota yang memiliki kepadatan penduduk yang relatif banyak. Maka dari itu kami memilih untuk mengembangkan usaha ini. Terlebih lagi di medan sudah terkenal dengan banyaknya kuliner yang dijajakan. Dan untuk masalah kuliner, medan adalah salah satu penyedia kuliner yang lezat – lezat dan tentunya paling banyak diburu oleh pelanggan. Ditambah lagi dengan kami yang membandrol harga yang cukup terjangkau dan pastinya hal ini bisa menjadi salah satu penunjang dari berkembangnya usaha yang kami jalankan.

  1. Kondisi Pasar

Jika melihat dari kondisi pasar, untuk makanan risol sendiri bisa dibilang saingannya cukup banyak.Karena risol merupakan salah satu makanan yang paling banyak diburu oleh masyarakat Indonesia.Maka dari itu untuk menyaingi mereka yang menyediakan risol dalam isian daging dan sayuran rasanya kami tidak mampu bersaing. Maka dari itu kami berinovasi untuk menyediakan makanan yang memiliki isian yang berbeda yaitu dengan buah – buahan segar. Nah karena masih sedikit kompetitor risol dengan isian buah, ditambah lagi kami menjamin rasa yang sudah pastinya enak.Hal ini yang membuat kami yakin bisa bersaing dengan mereka yang sudah lama menggeluti dunia usaha.

  1. Rencana Pemasaran

Karena usaha yang kami jalankan ini berjalan dengan lancar yang berhasil merekrut penggemar yang cukup banyak, maka dari itu kami merencanakan untuk mengembangkan usaha ini agar semakin banyak yang menyokong usaha risol buah ini. Untuk mendukung rencana yang kami susun, kami berupaya menyediakan brosur yang cukup banyak untuk dijadikan referensi bagi para pengusaha yang ingin bekerja sama dengan kami untuk menjajakan usaha risol buah ini. Tidak hanya itu, kami juga memanfaatkan kemajuan zaman dengan mempromosikan makanan yang kami produksi melalui internet khususnya sosial media seperti facebook, twitter, instagram dll.

Dalam merekrut pengusaha, kami juga tidak sembarangan.Kami memprioritaskan pengusaha yang bisa menjamin rasa, kualitas dan kuantitas dari produk yang kami jalankan. Tujuannya adalah agar nama risol buah ini tetap harum di mata pelanggan meskipun terdiri dari beberapa cabang di tempat yang berbeda – beda.

 

  1. Manfaat Buah – Buahan Yang Terkandung Di Dalam Risol Buah

 

  1. Buah Apel

 

Buah apel adalah salah satu buah yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.Buah yang memiliki warna hijau, merah muda dan merah hati ini ternyata tidak hanya terkenal lezat tetapi buah yang satu ini juga terkenal memiliki kandungan gizi yang tinggi dan yang pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah apel selain memiliki serat yang baik untuk pencernaan, ternyata juga mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B1,B2,B3,B5,B6,B9 dan Vitamin C.

Dengan melihat kandungan Gizi yang terdapat di dalam buah tersebut tentunya anda sudah pada mengetahui manfaat yang terdapat di dalam buah apel tersebut. Seperti Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, Vitamin B1,B2,B3,B5,B6,B9 yang baik untuk meningkatkan antimo di dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan antibodi atau biasa disebut dengan kekebalan tubuh, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, membantu proses pencernaan dan bisa menurunkan berat badan. Dan untuk vitamin C sendiri tentunya sangat baik untuk kesehatan mulut seperti mencegah sariawan, membantu meningkatkan nafsu makan dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

  1. Buah Pisang

 

Buah pisang, siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini ?buah pisang sangat banyak diburu oleh masyarakatt indonesia karena berbagai kebaikan yang dikandungnya, dan karena harganya juga murah. Baik di pedesaan maupun di perkotaan, buah pisang selalu laris terjual di pasaran.Mengapa ?Karena buah yang satu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan yang pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh.Selain itu, buah pisang juga sangat cocok untuk dijadikan cuci mulut untuk orang yang baru selesai makan.

Buah pisang mengandung gizi yang cukup tinggi seperti vitamin A, B6 dan C. Manfaat dari buah pisang adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh adalah buah pisang.Mengapa ?karena buah pisang mengandung Vitamin A, B6 dan C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu mencegah yang namanya infeksi. Buah pisang juga sering digunakan untuk obat hipertensi.Dan serat yang terkandung di dalam buah pisang juga baik untuk menekan tekanan darah agar lebih stabil.Jadi seseorang yang mengonsumsi buah pisang tidak akan mudah terkena darah tinggi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

 

Kebaikan lain yang terkandung di dalam pisang adalah bisa mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena di dalam buah pisang terdapat kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah penyakit jantung.Selain itu di dalam buah pisang juga terdapat kalium yang baik untuk kesehatan jantung.Jadi dengan mengonsumsi pisang secukupnya anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.

  1. Baik Untuk Janin

 

Mengapa ibu hamil disarankan harus mengonsumsi pisang ?alasannya adalah karena di dalam buah pisang terkandung asam folat yang tinggi. Asam folat ini sangat baik untuk kesehatan janin karena asam folat tersebut bisa membentuk sel – sel baru pada janin, dan mampu menyempurnakan pertumbuhan janin dan mampu mencegah terjadinya cacat pada janin tersebut.Jadi pisang sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya oleh ibu hamil.

  1. Mengatasi Anemia (kurang darah)

 

Tahukan anda ternyata buah pisang dapat mengatasi anemia ?percaya ataupun tidak buah yang berwarna kuning ini berhasil menyelamatkan hampir dari semua orang yang mengidap penyakit anemia. Kandungan serat yang terdapat di dalam buah pisang juga mampu mengatasi diare.Dan dengan mengonsumsi buah pisang, ternyata bisa menurunkan berat badan.Tetapi dengan catatan, buah pisang tersebut dimakan langsung tanpa diolah. Manfaat lain dari mengonsumsi buah pisang adalah dapat memperlancar proses metabolisme tubuh. Jadi buah pisang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan .

BAB III

FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

Di dalam dunia bisnis pasti ada yang namanya faktor penghambat dan faktor pendukung.Tidak semua usaha yang dijalankan berjalan dengan mulus dan tanpa hambatan.Menurut kami terdapat beberapa faktor yang dapat menghambat jalannya usaha yang kami jalankan ini.Dan terdapat juga beberapa faktor yang dapat mendukung lancarnya usaha yang kami jalankan.Semua faktor itu telah kami uraikan sebagai berikut :

  1. Faktor Penghambat

 

  1. Harga bahan baku yang tidak stabil

 

Salah satu kendala yang menurut kami dapat menghambat jalannya usaha yang kami jalankan ini adalah harga bahan baku yang tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan ketidakefisienan antara modal yang dikeluarkan dengan harga jual yang dibandrol.Sedangkan konsumen mana mau tahu dengan hal itu. Yang mereka tahu harga risol tersebut tetap sama setiap harinya.

Maka dari itu kami sudah merencanakan sebuah antisipasi dari kendala yang satu ini. Yaitu dengan cara berbelanja di tempat yang sama setiap harinya (berlangganan), agar penjual bahan baku tersebut dapat memberi harga yang stabil kepada kami.

  1. Banyaknya usaha yang sama

 

Nah faktor penghambat yang kedua adalah banyaknya usaha yang sama dengan usaha yang kami jalankan. Bisa anda lihat sendiri bukan, pedagang risol tidak hanya satu di kota medan ini. Maka itu timbulan persaingan yang cukup ketat antara sesama pedagang risol.Hal ini yang menghambat kami berdagang karena kami belum tentu bisa mengimbangi pedagang lama yang sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak.

Tetapi untungnya kami sudah menemukan jalan keluar untuk masalah yang satu ini.kami mengantisipasi persaingan tersebut dengan membuat inovasi yang berbeda dengan mengubah isian yang terdapat di dalam risol yang kami jajakan. Hal ini akan memperkecil persaingan karena masih bisa dihitung berapa pedagang yang menjual risol dengan isian yang berbeda seperti kami.

  1. Faktor Pendukung

 

  1. Ketersediaan tempat yang strategis.
  2. Merupakan salah satu makanan yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia.
  3. Memiliki perbedaan rasa yang dijamin sudah pasti lezat.
  4. Kerjasama yang baik.
  5. Isi risol dibuat berbeda dari biasanya yaitu diisi dengan buah – buahan segar.
  6. Menggunakan buah – buahan asli dan kaya akan vitamin.
  1. Analisis SWOT
  1. Strength (kekuatan)
  • Hampir semua kalangan baik anak – anak, remaja maupun dewasa menyukai risol.
  • Memiliki isian yang berbeda dari biasanya yaitu diisi dengan buah buahan segar.
  • Risol buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.
  1. Weakness (kelemahan)
  • Pembuatannya risol buah ini terbilang cukup mudah, jadi seseorang bisa membuatnya sendiri dirumah daripada membeli.
  • Bahan bakunya mudah didapat dan masih terjangkau.

 

  1. Opportunity (Peluang/Kesempatan)
  • Risol buah memiliki kandungan gizi yang tinggi jadi banyak orang yang menyukainya.
  • Rasanya lezat dan sudah pasti terjangkau.
  • Modalnya tidak terlalu besar, jadi kami bisa memperoleh keuntungan yang cukup banyak.
  • Risol buah gampang dipasarkan. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau jajanan sehat yang satu ini cepat habis diburu pelanggan.
  1. Threat (hambatan)
  • Dikhawatirkan ada kompetitor yang membuat dagangan yang sama dengan kami tetapi mereka menambah varian buah yang mahal.
  • Dikhawatirkan kedepannya akan semakin banyak pedagang yang meniru usaha kami. Hal ini menambah persaingan dalam berdagang.

BAB IV

ASPEK PRODUKSI

  1. Alokasi Usaha

 

Usaha ini terletak di medan, lebih tepatnya di simpang jipur helvetia. Alasan kami membuka usaha disitu adalah karena kawasan simpang jipur itu termasuk salah satu kawasan yang ramai akan permbeli. Terlebih lagi dikawasan tersebut terdapat sebuah sekolah yang membuat kami memiliki target yang cukup banyak. Ditambah lagi dengan tidak adanya pedagang risol buah yang berjualan di kawasan tersebut. Sehingga peluang kami jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tempat yang lain.

  1. Fasilitas dan Peralatan Produksi

 

Untuk menjalankan usaha ini tentunya kami membutuhkan fasilitas sebagai berikut :

  1. Kompor gas
  2. Tabung gas
  3. Wajan
  4. Teflon
  5. Baskom
  6. Nampan
  7. Pengocok adonan
  8. Plastik
  9. lain – lain.
  1. Bahan Baku

 

  1. Tepung sagu
  2. Tepung terigu
  3. Tepung maizena
  4. Mentega
  5. Gula pasir
  6. Telur ayam
  7. Susu kental manis
  8. Keju satu bungkus
  9. Buah apel, pisang, melon dan mangga
  10. Cokelat
  11. Minyak goreng dan
  12. Air mineral.
  1. Proses Produksi :
  1. Menyiapkan alat dan bahan
  2. Membuat adonan.untuk kulit risol
  3. Mengisi kulit risol dengan buah – buahan segar yang telah dipotong – potong sebelumnya.
  4. Tambahkan lelehan cokelat di dalamnya.
  5. Kemudian goreng risol yang telah jadi.
  6. Risol buah sudah bisa dipasarkan.
  1. Proses Pengerjaan

 

Proses pengerjaannya dimulai dari :

Hari      : Senin – sabtu

Waktu  :15.00 – 21.00 WIB.

BAB V

ASPEK KEUANGAN

  1. Rencana Produksi
  2. Jenis Produk : Risol Buah
  3. Jumlah Produksi          : 300 buah / hari
  1. Biaya Tetap
  2. Peralatan  : Rp  000
  3. Bahan Baku  : Rp 120.000

Jumlah Total                 : Rp 190.000

Modal                           : Rp 190.000

Keuntungan 40 % dari Modal = 40 % x 190.000

= 76.000

Modal + Keuntungan              = 190.000 + 76.000

= Rp 266.000

Harga Jual                               = 266.000 / 300

= Rp 886

Digenapkan menjadi               = Rp 1.000 / buah.

 

BAB VI

PENUTUP

  1. Antisipasi Masa Depan

 

Untuk mengantisipasi adanya saingan yang lebih unggul daripada kami di masa yang kan datang. Maka dari itu mulai sekarang kami mempersiapkan diri untuk memperbaiki secara perlahan kekurangan yang terdapat pada produk kami.Terutama pada kualitas, kuantitas dan harga. Tujuannya adalah agar semakin hari usaha yang kami jalankan ini mengalami peningkatan dan tentunya akan menambah mutu dari produk yang kami pasarkan. Dengan adanya kualitas yang kami miliki baik itu dari produksi maupun dari cara kerja kami, pelanggan akan berfikir seribu kali untuk membeli di tempat yang lain.

  1. Kesimpulan

 

Apapun usaha yang dijalankan, asalkan kita serius dalam menjalankan usaha tersebut, mudah – mudahan rencana tersebut akan berjalan dengan lancar. Yang terpenting di dalam menjalankan sebuah usaha adalah kemauan, kegigihan, ketekunan, mau berinovasi, bekerja sama, dan tidak takut gagal. Maka dari itu dengan penuh perjuangan kami akan mengembangkan usaha ini agar terus meningkat.

 

Tags: